Sering Lemas? Segeralah Mengkonsumsi Vitamin B

Sering Lemas? Segeralah Mengkonsumsi Vitamin B


Jika bicara tentang kesehatan, tidak ada habisnya dibahas. Akan selalu ada tuntutan untuk memenuhi berbagai macam vitamin dan mineral untuk tubuh agar organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Namun seringkali banyak orang bingung makanan apa saja yang harus dimakan dan banyak mengandung vitamin atau mineral tertentu, misalnya saja vitamin B. Vitamin B terdiri dari delapan vitamin yakni B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12 yang kemudian disebut dengan Vitamin B Kompleks .

Semua vitamin B  di dalam B Komplex ini memainkan peranan penting dalam menjaga tubuh manusia agar berjalan baik. Kekurangan salah satu atau bahkan semua elemen dalam vitamin B Kompleks dapat menyebabkan timbulnya beberapa gejala berikut :

Anemia (Kekurangan Darah)

Jika kamu kekurangan darah atau biasa disebut Anemia. Vitamin B1 berperan besar dalam peningkatan sirkulasi darah dengan membantu distribusi oksigen menuju ke seluruh jaringan tubuh.  Sumber vitamin B1: biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, kangkung, sirup gula molasess, dan gandum.

Penglihatan Kabur

Vitamin B2 yang terdapat pada keju, susu, sayuran, kedelai, kacang-kacangan dan jamur dapat menjaga metabolisme dan pertumbuhan tubuh. Kekurangan vitamin B2 dapat menimbulkan penyakit mata seperti katarak dan keratitis juga akan diderita pada mereka yang kekurangan konsumsi vitamin B2. Keratitis misalnya, penyakit ini terjadi akibat peradangan pada kornea, yaitu suatu membran transparan yang menyelimuti bagian warna pada mata dan pupil.

Mudah Lesu dan Nafsu Makan Buruk

Kekurangan vitamin B3 atau disebut Niasin ini menyebabkan badan cepat lesu, loyo dan kehilangan nafsu makan. Terdapat pada jagung, kacang tanah, udang rebus, ayam kalkun, dan ayam tanpa lemak niasin juga berfungsi untuk mencerna lemak, protein, dan karbohidrat dalam tubuh.

Rambut Beruban dan Rontok

Beberapa kasus mereka yang mengalami rambut beruban dan kerontokan rambut di usia muda disinyalir karena kekurangan konsumsi vitamin B5 secara harian.  Rajin mengkonsumsi daging, kuning telur, sereal gandum dapat mencegah kekurangan vitamin B5 atau bagi kamu yang vegertarian dapat menggantinya dengan buah dan sayur alpukat, pisang, dan sayuran brokoli atau asparagus.

Luka di Sudut Bibir

Ditandai dengan adanya luka di sudut bibir. Kemudian gejala lidah dan gusi yang luka tidak seperti biasanya. Tanda ini mirip dengan sariawan namun tidak kekurangan vitamin C. Gejala awal lain adalah tubuh mudah menjadi lelah. Karena metabolisme yang seharusnya terjadi tidak terjadi dengan maksimal sehingga tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas. Gejala lainnya seseorang menjadi mudah tersinggung, bahkan bisa mengalami kejang dan mati rasa pada tubuh. Inilah tanda kekurangan vitamin B6 yang harus segera dikondisikan dengan mengkonsumsi alpukat, pisang, daging merah, dan ikan.

Sobat Blend, inilah beberapa gejala yang menjadi penanda kekurangan vitamin B pada tubuhmu, , jika kamu tidak mendapatkan vitamin B dari makanan, kamu bisa mendapatkannya dari suplementasi multivitamin dan mineral. Salah satunya dari Extra Joss Blend yang mengandung vitamin B1, B2, dan B6 yang dapat membantu mengatasi masalah kekurangan vitamin B mu.


© Bintang Toedjoe 2015 all rights reserved