Susu Skim, Sebuah Metode Pengawetan Susu yang menghasilkan Lemak Minimal

Susu Skim, Sebuah Metode Pengawetan Susu yang menghasilkan Lemak Minimal


Sobat Blend, siapa yang tidak mengenal susu? Saat ini susu bukan hanya dijadikan sebagai minuman, melainkan produk susu banyak di konsumsi ataupun digunakan dalam pembuatan makanan, minuman bahkan digunakan pula sebagai bahan produk perawatan kulit. Umumnya susu yang kita konsumsi berasal dari susu sapi segar. Biasanya di jual dalam kemasan kantung plastik ataupun botol. Namun agar kualitas susu dapat bertahan lama, maka susu harus diawetkan.  Pengawetan susu secara alami biasanya melalui proses pasteurisasi . Yaitu sebuah cara mengawetkan susu dengan cara dipanaskan pada temperatur tertentu selama beberapa detik untuk membunuh bakteri patogen dan kemudian didinginkan dengan cepat.  Sedangkan bentuk lain pengawetan adalah melalui proses pengeringan, yaitu dengan cara menghilangkan cairannya dengan disemprotkan alat pengering, contoh susu jenis ini adalah susu bubuk.

Nah, diantara banyak produk olahan susu yang melalui proses pengawetan, yang akan kita bahas kali ini adalah Susu Skim dengan kandungan lemak yang rendah.  Susu skim dibuat dengan cara mengurangi kadar lemak dalam susu melalui proses pemisahan lemak dari susu. Pembuatan susu skim secara tradisional dilakukan dengan membiarkan susu segar berada dalam suatu wadah tertentu selama beberapa waktu untuk membiarkan lemaknya mengambang pada bagian atas. Selanjutnya lemak pada bagian atas ini diambil dengan disendok untuk dijadikan produk butter atau krim susu. Proses penyendokan ini disebut dengan “skimming”. Hasil proses pemisahan lemak ini adalah susu yang lebih rendah kadar lemaknya, oleh sebab itu kemudian olahan ini disebut Susu Skim.  Pembuatan susu skim secara modern dilakukan dengan sentrifugasi yaitu proses memisahkan lemak dari susu dengan cara pemutaran dengan kecepatan tinggi. Proses sentrifugasi jauh lebih menghemat waktu daripada proses tradisional dengan cara pengapungan lemak.

Bagi setiap orang yang ingin membatasi asupan lemak dari konsumsi makanan dan minuman, susu skim adalah salah satu pilihan yang tepat . Sebagai pedoman, produk yang berlabel susu skim memiliki kandungan lemak kurang dari 0,5%. Susu rendah lemak atau susu semi skim (setengah skim) memiliki kandungan lemak antara 1% sampai 2%. Banyak produsen susu rendah lemak yang membedakan varian produk berdasarkan persentase kandungan lemaknya. Susu murni mengandung lemak sekitar 3,5%. .

Orang dewasa umumnya lebih cocok untuk minum susu yang rendah lemak dan kaya kalsium. Memenuhi kebutuhan asupan kalsium sangat penting bagi orang dewasa terutama untuk menjaga kepadatan tulang. Susu skim juga seringkali ditambah dengan nutrisi suplemen misalnya kalsium dan vitamin D untuk meningkatkan kadar vitamin dan mineralnya terutama sebagai sumber nutrisi kesehatan tulang . Seperti halnya Extra Joss Blend merupakan perpaduan dari Susu Skim yang mengandung kalsium yang memberikan nutrisi pada tulangmu tanpa perlu takut menjadi gendut.

 

 

 


© Bintang Toedjoe 2015 all rights reserved